Loading...
Loading...

Bakso isi keju dan telur

Loading...
Loading...

Siapa sih yang nggak kenal dengan masakan/ makanan yg satu ini ya bener sekali bakso . siapa dari kalian yang belum pernah memakan atau mencicipi masakan/makanan ini . bakso adalah makanan yang sangat umum di kalangan masyarakat indonesia baik dari segala segi umur dan juga segala kalangan . makanan ini sangat mudah di tekukan di sekitar kita dari yg di jual keliling di warung-warung pinggir jalan, rumah makan , bakso paling enak di santap saat malam hari di kala hujan , ada berbagai jenis bakso dari bahan dasarnya yg terdiri dari daging sapi tapi karna perkembangan jaman bakso pun mulai berubah mengikuti perkembangan menyesuaikan dengan selera orang-orang dari yang awalnya hanya berbahan dasar daging sapi sekarang ada bakso ayam,ikan dan masih banyak lagi

Di bawah ini ada reseb bakso yg enak dan spesial cocok banget buat yang suka masak di rumah

Bahan :
·         750 g daging sapi, potong kecil-kecil agar mudah untuk di giling
·         ½ sdt soda kue
·         150 g es batu, hancurkan
·         4 siung bawang putih, kupas bersih ,cuci lalu haluskan
·         100 g tepung kanji 
·         1½ sdt garam /sesuai selera
·         1 sdt merica bubuk
·         air untuk merebus secukupnya
·         150 g keju parut
·         20 butir telur puyuh, rebus, kupas
·         150 g sumsum sapi, siap pakai, potong 1 – 2 cm
·         air es untuk merendam

Kuah :
·         2.000 ml kaldu tulang kaki sapi
·         5 siung bawang putih, memarkan
·         2 sdt garam
·         1 sdt merica bubuk

Pelengkap :
·         bawang goreng
·         daun bawang iris halus
·         seledri iris halus
·         sambal cabai rawit
·         kecap manis
·         cuka
·         pangsit
·         tahu

Cara memasak:
1.       Bakso: Lumuri potongan daging dengan soda kue, diamkan selama 15 menit. Proses daging dengan es batu dengan food processor dalam 2 - 3 tahapan hingga halus. Pindahkan daging halus ke dalam mangkuk.
2.       Tambahkan bawang putih halus, tepung kanji, garam dan merica. Uleni adonan daging hingga rata dan dapat dibentuk. Bagi adonan daging menjadi  3 bagian. Rebus air dalam panci hingga mendidih, kecilkan api.
3.       Ambil 1 bagian adonan, bagi menjadi 25 bagian. Bentuk 1 bagian adonan bulat pipih, isi dengan 1 – 2 sdt keju parut, bulatkan kembali menjadi bulatan kecil. Masukkan ke dalam panci berisi air mendidih.
4.       Bagi adonan kedua menjadi 20 bagian, kemudian isi masing-masing bagian dengan 1 butir telur puyuh. Bentuk adonan bulat lonjong, masukkan ke dalam panci berisi air mendidih. Bagi adonan ketiga menjadi 12 – 15 bagian, kemudian isi dengan beberapa potong sumsum. Bentuk menjadi bulat besar, masukkan ke dalam panci air mendidih.
5.       Setelah semua adonan dimasukkan ke dalam panci, nyalakan kembali apinya dan masak hingga bakso mengapung dan matang. Angkat, segera masukkan bakso ke dalam mangkuk berisi air es, agar bakso padat, tiriskan.
6.       Kuah: Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan ke dalam panci kaldu, tambahkan garam dan merica, rebus hingga mendidih. Masukkan bakso ke dalam kuah kaldu, masak hingga mendidih kembali, angkat. Sajikan bakso beserta kuah dan tambahkan dengan pelengkapnya sesuai selera



Gimana tertarik untuk mencoba reseb bakso istimewa di atas untuk hidangan keluarga anda . selamat mencoba membuat bakso istimewa di rumah . terima kasih